SMPN 1 Ponorogo Tengah Melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) Berbasis Computer Basic Test (CBT)

Peserta didik  SMP Negeri 1 Ponorogo sedang menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) pertama pada tahun pelajaran 2021/2022 secara luring. Penilaian dilaksanakan mulai hari Senin (11/10/2021) sampai Sabtu (17/10/2021).

           Berbeda dengan penilaian biasanya, selama masa Pandemi Covid-19 ini penilaian dilakukan secara daring dengan memanfaatkan sebuah aplikasi. Namun setelah diterapkannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, peserta didik dapat mengikuti penilaian secara luring. Penilaian ini dilakukan dengan menerapkan Computer Basic Test (CBT) atau dapat dibilang Penilaian Berbasis Komputer. Pada zaman yang semakin canggih, tentunya mengajak kita agar tidak tertinggal pada zaman yang lampau. Dengan memanfaatkan kecanggihan zaman ini, SMP Negeri 1 Ponorogo mengaplikasikan penilaian yang sebelumnya menggunakan kertas digeser menggunakan sebuah aplikasi. Peserta didik juga tidak merasa kesulitan dalam menggunakan aplikasi tersebut karena memang sudah terbiasa dengan teknologi yang serba digital.

            Peserta didik menggunakan perangkatnya masing-masing yang dibawa dari rumah untuk mengakses soal penilaian, peserta didik dapat menggunakan gadget atau laptop. Namun demikian, proktor penilaian juga menyediakan beberapa perangkat berupa tablet yang nantinya bisa dipinjam oleh peserta didik jika sewaktu-waktu ada kendala dalam perangkatnya. Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir ruang gerak peserta didik agar tidak saling bersentuhan dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tentunya penilaian secara luring ini tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

Sejak awal masuk sekolah, peserta didik diukur suhu tubuh dan dan menggunakan hand sanitizer sebagai bentuk benteng menjaga diri dalam menerapkan prokes. Tak lupa peserta didik selalu menggunakan masker serta berjarak saat di dalam kelas. Penilaian ini dilaksanakan menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.00-09.45 WIB dan sesi kedua dimulai pukul 10.15-13.00 WIB. Penerapan sesi ini dinilai cukup efektif dalam membatasi pergerakan peserta didik yang notabene-nya sangat senang berkumpul dengan teman-temannya.

            Guna menunjang kelancaran kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) ini, SMP Negeri 1 Ponorogo mengoptimalkan fasilitas yang tersedia, seperti jaringan Wi-Fi yang lancar, perangkat tablet bagi peserta didik, dan fasilitas penunjang taat protokol kesehatan. Setelah akhir tiap sesi, seluruh ruang kelas yang digunakan untuk penilaian disemprot dengan disinfektan secara bertahap. Hal tersebut guna menambah kenyamanan dan ketenangan peserta didik dalam proses belajar.