SMP Negeri 1 Ponorogo Peringati Maulid Nabi Muhammad dengan Berbagai Lomba Bertema Islami

Menyambut bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, SMP Negeri 1 Ponorogo menyelenggarakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW tepat pada 12 Rabiul Awwal 1443 H di sekolah, Sabtu (19/10/2021). Acara ini dimeriahkan dengan berbagai lomba bertema islami yang diikuti oleh seluruh peserta didik SMPN 1 Ponorogo.

Maulid Nabi merupakan momen yang baik untuk mengenalkan jejak kehidupan Rasulullah sebagai sosok tauladan umat, mengingat perjuangan beliau, dan kemudian mengamalkan akhlak mulianya. Peringatan Maulid Nabi yang bertema “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai Landasan Akhlak Generasi Masa Kini” merupakan sarana edukasi bagi peserta didik melalui penanaman perubahan akidah, cara berpikir, dan perilaku dengan mencontoh akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. Peringatan kelahiran Rasulullah juga sekaligus bentuk penghormatan atas perjuangan Rasulullah dalam menyebarkan risalah Islamiyah, dengan segala tantangan dan rintangan di dalamnya.

“Dengan Peringatan Maulid Nabi ini, kita dapat meneladani sirah dari kehidupan Nabi Muhammad SAW kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nanti kita mendapatkan syafaatnya dengan izin Allah.” ujar Plt. Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Ponorogo, Drs. H. Imam Mujahid, MA., dalam sambutannya membuka acara. Acara ini berlanjut dengan mendengarkan tausiah dari Ustad Irvan Mulyadi yang menceritakan perjalanan hidup dan perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam membawa agama Islam menuju kejayaan. Acara tausiah ini diikuti oleh seluruh peserta didik di ruang kelas masing-masing dengan mencatat isi dari tausiah yang diceritakan.

Bukan hanya tausiah saja, acara Maulid Nabi ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba bertema islami, meliputi lomba adzan, lomba pidato keagamaan, dan lomba tartil al-quran. Acara lomba ini diikuti oleh perwakilan tiap kelas. Peserta didik tampak semangat dalam mengikuti lomba ini. Terlihat wajah-wajah yang berseri menunggu giliran menuju ruangan lomba dan ingin menyuguhkan penampilan terbaiknya. Melalui lomba ini, peserta didik dapat menanamkan semangat dalam belajar sekaligus menambah kecintaannya pada Nabi Muhammad SAW.

Acara peringatan Maulid Nabi berjalan dengan lancar dan tertib, tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan saat acara berlangsung. Peserta didik tetap memakai masker, tidak berkerumun, dan berjaga jarak. Meski dirayakan secara terbatas, demi menghindari lonjakan virus Covid-19, peringatan Maulid Nabi harus tetap dimaksimalkan sebagai momen untuk mengingat dan meneladani jejak kehidupan Rasulullah SAW.

[nk]