SMA IT Insantama, Bogor, kembali menyelenggarakan sebuah event bergengsi tingkat Nasional. Lomba yang diikuti oleh total 564 peserta ini terdiri dari lomba Esai, Debat, Story Telling, Photography, Desain Poster untuk tingkat SMP dan SMA.

Pada perlombaan yang diberi hastag SMENTION 2020 (Smart Teen Competition) ini merupakan sebuah ajang yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kepedulian generasi muda di bidang perikanan dan kelautan. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung, yaitu, “Hear The Voice of The Sea, It’s Beyond Your See.”

Kenapa laut menjadi hal yang disangat disoroti dalam event bergengsi ini? Karena 70% wilayah Indonesia adalah perairan, sehingga potensi alam dan kekayaan Indonesia sangat bisa didukung dari laut.

Dari tema yang diangkat tersebut, tim dari SMPN 1 Ponorogo yang terdiri dari Bhirawa Kusuma Wijaya (kelas 9E) dan Yoshactyo Abbraham (kelas 8D), di bawah binaan tangan dingin Ibu Crysna Rhany Ningrum, S.Kom, berupaya keras untuk menggali ide baru hingga akhirnya terciptalah sebuah program baru yang diberi nama TERMOS (Penanaman Terumbu Karang dan Mall Of Sea). Selain itu, untuk mendukung keberhasilan program TERMOS ini, mereka juga membuat ide sebuah alat yang diberi nama SENTOLOP (Super Energy Ocean Protector).

Program dan ide alat ini ternyata mencuri perhatian para juri hingga akhirnya mereka berhasil dinobatkan sebagai peraih Juara 1 dalam Lomba Esai SMP Tingkat Nasional. Sebuah perjalanan panjang yang melelahkan selama berlatih, terbayar sudah dengan prestasi ini.

Para juri bahkan memberikan standing applause untuk ide brilian ini dan memberi saran agar ide ini bisa direalisasikan agar menjadi sebuah alat yang bisa dilombakan dalam lomba KTI berikutnya.

Semoga saja ke depan para siswa ini mampu ikut dalam event KTI dan juga bisa menjadi juaranya. Aamiin.

Ponorogo, 25 Pebruari 2020.