Dalam rangka mengantisipasi mewabahnya penularan virus corona (covid-19) Pemerintah Kabupaten Ponorogo mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK),  Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kegiatan Belajar Mengajar peserta didik diganti dengan pembelajaran jarah jauh ( melalui daring/ online), agar aktivitas proses belajar dirumah tetap berjalan dengan baik maka sekolah memberikan panduan belajar yang disebut golden aktivity yang berisi panduan tentang kegiatan sehari-hari peserta didik selama dirumah, untuk mempermudah orang tua dalam memberikan pendampingan selama proses belajar dirumah. Peserta didik setiap saat bisa berkonsultasi/ bertatap muka jarak jauh dengan bapak/ibu guru membahas materi pelajaran sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, peserta didik tetap belajar dirumah dan secara berkala mengirimkan/mengumpulkan tugas-tugasnya.

Namun sebaik apapun pembelajaran online tetap saja bimbingan tatap muka sangat dirindukan karena peran seorang guru tidak mampu digantikan oleh media. Hal ini menjadi tantangan tersendiri menjadi pengajar yang profesional, harus bisa memaksimalkan sumber daya yang ada dalam situasi darurat seperti ini.

Imbas dari merebaknya virus corona (covid-19) Pemerintah juga memutuskan untuk mentiadakan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020. Belum lama ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjelaskan karena Ujian Nasional  sudah tidak lagi menjadi syarat kelulusan, maka kementerian mengambil beberapa opsi sebagai sistem penilaian pengganti ujian nasional. Salah satu opsi yang dipaparkan oleh mendikbud yaitu penilaian kelulusan pada ujian sekolah yang didasarkan pada Ujian Sekolah yang dilaksanakan oleh masing-masing sekolah dengan sistem online. Ujian secara online sudah disepakati untuk menghadapi dan meminimalisir penyebaran dan dampak dari pandemi covid-19.

Dengan kebijakan  tersebut SMP Negeri 1 Ponorogo melaksanakan Ujian Sekolah sistem online yang dimulai pada hari Senin, 13 April 2020 sampai dengan Jum’at 17 April 2020. Kendala yang dihadapi sekolah adalah adanya  perbedaan fasilitas yang dimiliki peserta didik dalam pelaksanaan ujian sekolah online, sehingga untuk mempermudah dan memperlancar pelaksanaan ujian sekolah memberikan bantuan pulsa pada setiap peserta didik kelas 9 yang mengikuti ujian. Disamping itu sekolah memberikan panduan ujian sekolah online, tujuanya untuk mempermudah peserta didik dalam pelaksanaan ujian sekolah online dibawah pwngawasan wali kelas masing-masing.

20 Golden Activity SMP Negeri 1 Ponorogo disini

Paduan Ujian Sekolah SMP Negeri 1 Ponorogo disinidisini