Assalamualaikum warohmatuhlohi wabarokatuh.

Dengan hormat,

bintang1Kami sampaikan bahwa Masjid “Nurul Iman” SMP Negeri 1 Ponorogo sejak tahun 1990-an belum pernah mendapatkan rehabilitasi dan sekarang dalam kondisi sudah banyak yang rusak dan lapuk baik atap maupun kayu, dll termakan usia. Masjid SMP Negeri 1 Ponorogo selain merupakan tempat ibadah sholat wajib lima waktu dan sholat jumat bagi seluruh warga sekolah (siswa, guru, dan karyawan) serta masyarakat sekitar sekolah juga menjadi tempat kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama islam seperti : (1). Mengaji/Membaca Al-Quran/Tartil, (2). Bimbingan atau Pembinaan Rohani Islam/Mental Sepirittual, (3).Seni Hadroh bagi para siswa. Perlu diketahui sekarang seluruh siswa masuk pagi semua maka masjid ini menjadi tidak representatif untuk menampung Jama’ah putra putri SMP Negeri 1 Ponorogo dan perlu segera mendapatkan rehabilitasi.

Dalam PP. No. 19 tahun 2005 tentang Standard Nasional Pendidikan (SNP), sekolah diharapkan dapat memenuhi 8 (delapan) SNP yang disyaratkan, diantaranya standard sarana prasarana, termasuk salah satunya adalah masjid yang memenuhi kelayakan bangunan dan representatif. Perlu diketahui bahwa program rehabilitasi Masjid tidak dapat didanai melalui APBN maupun APBD, dan hanya bisa dibiayai dengan Dana Swadaya. Sehubungan dengan hal itu, untuk mewujudkan masjid yang representatif dan layak pakai, maka sekolah mengadakan rehabilitasi Masjid yang pelaksanaan pembangunannya ditangani panitia yang dibentuk oleh sekolah.

Sabtu, 1 Juni 2013, empat pelajar putri SMP Negeri 1 Ponorogo ini menjadi bintang di antara 265 peserta     yang dinyatakan lulus 100% dalam Ujian Nasional 2012/2013 di SMP Negeri 1 Ponorogo. Dari kiri ke kanan : Imroatul Khoiriyah Muwahidah (Nilai 38,65), Anisa Uzi Amanda (Nilai 38,40 ), Yudith Arimbi Auliarahmi    (Nilai 38,40), dan Arsita Puspita Dewi (Nilai 38,20). Imroatul Khoiriyah Muwahidah selain menjadi peraih nilai UN tertinggi di SMP Negeri 1 Ponorogo, sekaligus memposisikan SMP Negeri 1 Ponorogo di peringkat tertinggi nilai Ujian Nasional SMP Tahun Pelajaran 2012/2013 di Kabupaten Ponorogo.@litbang_zapo

Imroatul Khoiriyah M, Anisa Uzi Amanda, Yudith Arimbi A, dan Arsita Puspita Dewi