elearning

E-Learning, ya siapa yang belum pernah mendengar tentang kata canggih tersebut? Teknologi komputer di masa kini memang sudah begitu maju. Komputer sering dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia agar cepat selesai. Tidak dapat diragukan lagi, bahwa komputer sudah menjadi hal yang penting bagi masyarakat di bumi ini, khususnya dalam bidang pendidikan. Peranan komputer di dunia tentulah memiliki kedudukan yang sangat penting. Dengan adanya komputer sebagai alat pembelajaran, ada juga Internet sebagai media pembelajaran. Internet yang sekarang sudah marak digunakan oleh berbagai kalangan, dari muda hingga tua, Internet menjadi sesuatu yang tidak asing lagi. Dengan Internet para peserta didik dapat berhubungan dengan teman-temannya untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberi oleh guru. Internet sebetulnya memiliki potensi yang lebih besar daripada itu.

Dalam pesatnya perkembangan zaman, mau tidak mau kita harus menyesuaikan diri dengan keadaan teknologi zaman sekarang. Dan diantara banyaknya teknologi dalam pembelajaran, kali ini saya akan membahas teknologi E-Learning, apakah E-Learning itu ? E-Learning atau Pembelajaran Elektronik adalah singkatan dari Electronic Learning, yang merupakan suatu metode baru dalam proses belajar dan mengajar yang menggunakan media elektrononik, dalam hal ini internet yang digunakan sebagai system pembelajarannya.

Di Indonesia sendiri E-Learning sudah diterapkan diberbagai Perguruan Tinggi, SMK/SMA, bahkan Sampai SMP. Tapi belum tentu semua sekolah bisa menikmati teknologi E-Learning, hanya sekolah-sekolah terpilih dan perguruan tinggi yang sudah menerapkan teknologi E-Learning.

E-Learning sangat bermanfaat bagi guru dan siswa, karena sangat efektif dalam proses pembelajaran. Kenapa ? Karena siswa/mahasiswa tidak perlu duduk di dalam kelas untuk menyimak setiap materi pembelajaran yang disampaikan guru secara langsung, tetapi dapat disimak setiap saat pada tempat dimana saja yang terhubung dengan fasilitas internet.

Dengan adanya E-Learning para guru/dosen akan lebih mudah :

1. melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir.

2. mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya.

3. mengontrol kegiatan belajar peserta didik.

Untuk itu para guru dapat membuat pola pembelajaran melalui konsep E-Learning sebagai tambahan materi di luar konsep pembelajaran yang konvensional melalui tatap muka di kelas.

Penggunaan E-Learning juga berdampak besar pada dunia pendidikan, pihak pihak yang paling berperan utama dalam dunia pendidikan pun tidak luput dari dampak E-Learning tersebut.

Para siswa yang merasakan sensasi belajar dengan menggunakan metode E-Learning sangat berbeda dibandingkan kelas konvensional, Akses mereka terhadap informasi juga meningkat.

Selain itu para siswa juga dapat memilih sendiri cara belajar yang cocok dengan dengan kepribadiannya masing masing ketika mengikuti pembelajaran E-Learning.

Para pendidik  juga dapat merasakan Dampak belajar dengan metode E-Learning. Dengan E- Learning semua dapat dilakukan dengan hanya menggunakan alat Elektronik seperti Komputer atau Laptop dan alat Elektronik pendukung lainnya.

Untuk itu mulai saat ini, SMPN 1 Kec. Ponorogo akan terus mendukung model pembelajaran E-Learning untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi para siswanya.